Kajian Perubahan Penutupan Lahan Menggunakan Citra Satelit Multi Temporal Di Kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai Provinsi Sulawesi Tenggara

Hacrawati Hacrawati, Djafar Mey, Fitra Saleh

Abstract


Perubahan penutupan lahan merupakan proses berubahnya luasan area pada suatu tutupan dan guna lahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui perubahan tutupan lahan di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai National Park dengan menggunakan citra LANDSAT 7 tahun 2006 dan citra LANDSAT 8 tahun 2015. Metode yang digunakan dengan melakukan klasifikasi terbimbing berdasarkan kemiripan maksimum (maximum likelihood). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahun 2000, tahun 2006 dan tahun 2015 menunjukkan adanya perubahan vegetasi pada lahan antara lain alang-alang, hutan primer, hutan rawa, hutan sekunder, lahan terbuka, hutan mangrove, lading, rawa dan semak belukar. Rata-rata perubahan luasan pada periode tahun 2000-2006 sebesar 51.953,38 ha dan pada periode tahun 2006-2015 sebesar 42.633,71 ha. Perubahan penutupan lahan di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) terjadi karena alih fungsi lahan hutan dan alang-alang menjadi penggunaan lahan berupa perladangan.

Kata Kunci : Perubahan Penutupan Lahan, Citra Multi Temporal, Klasifikasi Terbimbing

 DOI : 10.5281/zenodo.2658804


Full Text:

PDF

References


Ditjen Penataan Ruang, 2007.Gambaran Tutupan Lahan Bervegatasi Dalam Satu Wilayah Daera Aliran Sungai Maupun Wilayah Provins. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum,

Jaya, I.N.S. 2010. Analisis Citra Digital : Perspektif Penginderaan Jauh Untuk Pengelolaan Sumberdaya Alam, Bogor: Fakultas Kehutanan IPB,.

Lillesand, T.M., Kiefer, R.W. 1990. Pengginderan Jauh dan Penafsiran Citra. Yogyakarta: GadjaMada University Press,.

Prahasta. 2008. Remote Sensing : Praktis Penginderaan Jauh & Pengolahan Citra Dijital Dengan Perangkat Lunak ER Maper. Bandung: Informatika.

Wasil, A.R., dan Ainun, P.W. 2012. Modelling Land-Use Change. Bandung: Institut Teknologi Bandung,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JAGAT (Jurnal Geografi Aplikasi dan Teknologi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Alamat Editor:

Geography Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences
Jalan H.E.A. Mokodompit, Kampus Hijau Bumi Tridharma, Halu Oleo University

Website:http://ojs.uho.ac.id/index.php/jagat/index
E-mail: jurnal_jagat@uho.ac.id
------------------------------------------------------------------